Roemah Az Zahra on Facebook

Assalamualaikum Bunda n’ Sista …. Selamat Datang di blog Roemah Az Zahra …. Happy Shopping ….

Minggu, 17 Juli 2016

Maksimalkan "Kualitas Anda" untuk Menigkatkan Penjualan Toko Online Anda

Sebagai penjual online, Anda harus memahami bahwa kualitas diri Anda sendiri tidak kalah penting dari kualitas toko yang Anda kelola. Pengetahuan yang baik mengenai berbagai hal terkait bisnis online akan menjadikan Anda mampu menghasilkan toko dengan kualitas layanan yang baik. Kami berusaha menyajikan berbagai insight yang dirangkum dari berbagai sumber untuk memastikan Anda memiliki shared-knowledge yang maksimal dalam membangun dan mengelola bisnis online Anda.

Buat Pembeli Tertarik Berbelanja Saat Pertamakali MelihatToko Anda

Para pelaku bisnis online tentu paham, bahwa foto produk adalah “nyawa” dari toko online Anda. Foto produk adalah senjata ampuh untuk memancing minat pembeli agar tertarik pada produk yang Anda jual. Tokopedia memberikan 5 slot foto secara cuma-cuma untuk setiap produknya. Untuk itu, Anda bisa memanfaatkan tips-tips sederhana berikut untuk memaksimalkan foto produk:
  1. Foto produk dengan latar belakang polos
Foto dengan latar belakang polos akan membuat produk Anda terlihat menonjol. Jangan lupa untuk memilih warna netral seperti putih. Namun, jika produk Anda berwarna putih/pucat, gunakan latar belakang dengan warna lebih cerah seperti hijau.
  1. Foto produk dengan pencahayaan yang baik
Untuk mendapatkan foto produk yang baik tidak selalu harus menggunakan kamera atau lensa yang mahal. Cukup dengan pencahayaan yang pas (tidak terlalu gelap/terang) sudah cukup membuat foto produk Anda tampak diambil oleh kamera profesional.
  1. Foto produk dari berbagai sisi
Ambil foto produk dari berbagai sudut untuk memperlihatkan detil produk. Anda bisa menampilkan foto tampak samping, tampak belakang, atau bahkan dari bagian dalam produk tersebut.
  1. Foto produk dengan model
Untuk beberapa kategori seperti pakaian dan fashion, penggunaan model adalah hal penting untuk memberi gambaran kepada calon pembeli mengenai tampilan produk tersebut ketika digunakan. Menampilkan foto dengan memperlihatkan cara penggunaan produk untuk beberapa kategori seperti dapur atau rumah tangga akan mengundang ketertarikan calon pembeli.
  1. Foto kelengkapan produk atau bonus tambahan
Jika produk yang Anda jual dilengkapi dengan berbagai aksesoris dalam satu paket atau ada bonus tambahan untuk setiap pembelian produk, jangan lupa untuk menyertakan foto aksesoris tambahan tersebut bersamaan dengan foto produk. Hal ini bisa jadi nilai tambah untuk memancing calon pembeli agar membeli produk Anda.
  1. Lengkapi foto produk dengan tanda logo toko Anda
Anda bisa menambahkan watermark atau logo toko di dalam foto produk, bisa juga dengan menyertakan kartu nama di setiap foto produk Anda. Selain mencegah “pencurian” foto, hal ini juga dapat meningkatkan kepercayaan kepada calon pelanggan.


Buat Pembeli terkesan Dengan Pengemasan yang Maksimal

Packing atau kemasan adalah bagian paling penting dari pelayanan bisnis online Anda. Dengan pengemasan yang maksimal, maka produk yang Anda kirim memiliki tingkat keamanan ekstra sehingga mampu menghindari terjadinya kerusakan selama di perjalanan.
Pengemasan maksimal akan mempengaruhi tingkat kepuasan pembeli terhadap toko Anda. Jangan menganggap remeh masalah packing, karena banyak sekali rekomendasi maupun komplain pembeli disebabkan masalah packing yang tidak baik. Berikut beberapa langkah sederhana yang bisa Anda praktekkan saat proses pengemasan produk sebelum dikirimkan ke pembeli:

  1. Pastikan Anda mengetahui kondisi barang sebelum dikemas
Ambil foto produk sebelum dikemas untuk menghindari komplain pembeli terhadap barang yang diterimanya. Jangan lupa sertakan thank you note untuk membuat pembeli senang dan merasa mendapat perhatian lebih.
  1. Lapisi produk dengan pengaman / bantalan ekstra
Ini tergantung dari jenis/bahan produk yang dikirim. Untuk mengemas produk seperti pakaian atau buku, tidak harus menggunakan bubble wrap. Anda bisa melapisi dengan kertas koran untuk menambah keamanan.
  1. Pastikan tidak ada ruang kosong dalam kemasan produk
Manfaatkan barang tidak terpakai seperti kertas atau styrofoam untuk memenuhi ruang kosong di dalam kemasan produk. Hal ini bertujuan untuk menambah keamanan produk Anda dari benturan selama pengiriman.
  1. Lindungi produk dari kerusakan akibat benda tajam atau air
Anda bisa melapisi bagian luar kemasan dengan menggunakan karton, kardus, atau plastik untuk memberikan perlindungan ekstra.
  1. Periksa kembali berat/volume paket yang akan dikirim
Timbang dahulu paket yang akan dikirim sebelum dibawa ke pihak logistik. Jika terjadi perbedaan ongkos kirim dengan agen logistik karena kesalahan berat produk, Anda bisa mengembalikan ongkos kirim tersebut melalui pemberian hadiah/produk yang disertakan pada paket. Anda juga bisa menganjurkan pengembalian sebagian ongkos kirim kepada pembeli lewat Pusat Resolusi setelah barang diterima oleh pembeli.
Setelah mengetahui berat produk yang sebenarnya dari pihak logistik, Anda bisa mencantumkan berat produk tersebut di bagian informasi produk.
  1. Bawa paket Anda ke agen logistik dalam keadaan siap dan rapi
Agar paket terlihat profesional, gunakan label pengiriman resmi dari Tokopedia yang bisa Anda print dari halaman invoice. Jangan lupa cantumkan keterangan spesifik mengenai jenis produk yang Anda kirim atau tambahan informasi seperti “fragile” kepada agen logistik.
  1. Lakukan tracking secara berkala untuk mengetahui posisi pesanan
Setelah memasukkan nomor resi yang benar, Anda bisa tracking/memantau pesanan secara berkala. Hal ini dilakukan untuk memastikan pesanan Anda tiba dengan baik di tangan pembeli. Pembeli juga bisa ikut memantau pesanannya dan melakukan konfirmasi penerimaan barang.
Yuk kemas produk dengan baik dan dapatkan review memuaskan dari pembeli!

0 komentar:

Posting Komentar

Masih belum laku? Ikuti jejak Roemah Az Zahra dan jual cepat di jualo.com

Template by:

Free Blog Templates