Sebagai penjual online, Anda harus memahami bahwa kualitas diri Anda sendiri tidak kalah penting dari kualitas toko yang Anda kelola. Pengetahuan yang baik mengenai berbagai hal terkait bisnis online akan menjadikan Anda mampu menghasilkan toko dengan kualitas layanan yang baik. Kami berusaha menyajikan berbagai insight yang dirangkum dari berbagai sumber untuk memastikan Anda memiliki shared-knowledge yang maksimal dalam membangun dan mengelola bisnis online Anda.
Buat Pembeli Tertarik Berbelanja Saat Pertamakali MelihatToko Anda
Para
pelaku bisnis online tentu paham, bahwa foto produk adalah “nyawa” dari
toko online Anda. Foto produk adalah senjata ampuh untuk memancing
minat pembeli agar tertarik pada produk yang Anda jual. Tokopedia
memberikan 5 slot foto secara cuma-cuma untuk setiap produknya. Untuk
itu, Anda bisa memanfaatkan tips-tips sederhana berikut untuk
memaksimalkan foto produk:
- Foto produk dengan latar belakang polos
Foto dengan
latar belakang polos akan membuat produk Anda terlihat menonjol. Jangan
lupa untuk memilih warna netral seperti putih. Namun, jika produk Anda
berwarna putih/pucat, gunakan latar belakang dengan warna lebih cerah
seperti hijau.
- Foto produk dengan pencahayaan yang baik
Untuk
mendapatkan foto produk yang baik tidak selalu harus menggunakan kamera
atau lensa yang mahal. Cukup dengan pencahayaan yang pas (tidak terlalu
gelap/terang) sudah cukup membuat foto produk Anda tampak diambil oleh
kamera profesional.
- Foto produk dari berbagai sisi
Ambil foto
produk dari berbagai sudut untuk memperlihatkan detil produk. Anda bisa
menampilkan foto tampak samping, tampak belakang, atau bahkan dari
bagian dalam produk tersebut.
- Foto produk dengan model
Untuk beberapa
kategori seperti pakaian dan fashion, penggunaan model adalah hal
penting untuk memberi gambaran kepada calon pembeli mengenai tampilan
produk tersebut ketika digunakan. Menampilkan foto dengan memperlihatkan
cara penggunaan produk untuk beberapa kategori seperti dapur atau rumah
tangga akan mengundang ketertarikan calon pembeli.
- Foto kelengkapan produk atau bonus tambahan
Jika produk
yang Anda jual dilengkapi dengan berbagai aksesoris dalam satu paket
atau ada bonus tambahan untuk setiap pembelian produk, jangan lupa untuk
menyertakan foto aksesoris tambahan tersebut bersamaan dengan foto
produk. Hal ini bisa jadi nilai tambah untuk memancing calon pembeli
agar membeli produk Anda.
- Lengkapi foto produk dengan tanda logo toko Anda
Anda bisa menambahkan watermark atau
logo toko di dalam foto produk, bisa juga dengan menyertakan kartu nama
di setiap foto produk Anda. Selain mencegah “pencurian” foto, hal ini
juga dapat meningkatkan kepercayaan kepada calon pelanggan.
Buat Pembeli terkesan Dengan Pengemasan yang Maksimal
Packing
atau kemasan adalah bagian paling penting dari pelayanan bisnis online
Anda. Dengan pengemasan yang maksimal, maka produk yang Anda kirim
memiliki tingkat keamanan ekstra sehingga mampu menghindari terjadinya
kerusakan selama di perjalanan.
Pengemasan maksimal akan mempengaruhi tingkat kepuasan pembeli terhadap toko Anda. Jangan menganggap remeh masalah packing, karena banyak sekali rekomendasi maupun komplain pembeli disebabkan masalah packing
yang tidak baik. Berikut beberapa langkah sederhana yang bisa Anda
praktekkan saat proses pengemasan produk sebelum dikirimkan ke pembeli:
- Pastikan Anda mengetahui kondisi barang sebelum dikemas
Ambil foto produk sebelum dikemas untuk menghindari komplain pembeli terhadap barang yang diterimanya. Jangan lupa sertakan thank you note untuk membuat pembeli senang dan merasa mendapat perhatian lebih.
- Lapisi produk dengan pengaman / bantalan ekstra
Ini tergantung dari jenis/bahan produk yang dikirim. Untuk mengemas produk seperti pakaian atau buku, tidak harus menggunakan bubble wrap. Anda bisa melapisi dengan kertas koran untuk menambah keamanan.
- Pastikan tidak ada ruang kosong dalam kemasan produk
Manfaatkan
barang tidak terpakai seperti kertas atau styrofoam untuk memenuhi ruang
kosong di dalam kemasan produk. Hal ini bertujuan untuk menambah
keamanan produk Anda dari benturan selama pengiriman.
- Lindungi produk dari kerusakan akibat benda tajam atau air
Anda bisa melapisi bagian luar kemasan dengan menggunakan karton, kardus, atau plastik untuk memberikan perlindungan ekstra.
- Periksa kembali berat/volume paket yang akan dikirim
Timbang dahulu
paket yang akan dikirim sebelum dibawa ke pihak logistik. Jika terjadi
perbedaan ongkos kirim dengan agen logistik karena kesalahan berat
produk, Anda bisa mengembalikan ongkos kirim tersebut melalui pemberian
hadiah/produk yang disertakan pada paket. Anda juga bisa menganjurkan
pengembalian sebagian ongkos kirim kepada pembeli lewat Pusat Resolusi
setelah barang diterima oleh pembeli.
Setelah
mengetahui berat produk yang sebenarnya dari pihak logistik, Anda bisa
mencantumkan berat produk tersebut di bagian informasi produk.
- Bawa paket Anda ke agen logistik dalam keadaan siap dan rapi
Agar paket
terlihat profesional, gunakan label pengiriman resmi dari Tokopedia yang
bisa Anda print dari halaman invoice. Jangan lupa cantumkan keterangan
spesifik mengenai jenis produk yang Anda kirim atau tambahan informasi
seperti “fragile” kepada agen logistik.
- Lakukan tracking secara berkala untuk mengetahui posisi pesanan
Setelah memasukkan nomor resi yang benar, Anda bisa tracking/memantau
pesanan secara berkala. Hal ini dilakukan untuk memastikan pesanan Anda
tiba dengan baik di tangan pembeli. Pembeli juga bisa ikut memantau
pesanannya dan melakukan konfirmasi penerimaan barang.
Yuk kemas produk dengan baik dan dapatkan review memuaskan dari pembeli!
0 komentar:
Posting Komentar